Rabu, 10 Agustus 2011

Tips Mempelajari MODUL dlm Sistem Belajar "MANDIRI"



TIPS MEMPELAJARI MODULBuku Materi Pokok, Bahan Ajar Cetak (BUKU MATERI POKOK)
Disampaikan oleh Sri Tatminingsih

TIPS 1
Selanjutnya untuk mempermudah dan membantu Anda mempelajari dan memahami isi modul, berikut ini diberikan beberapa petunjuk, yaitu sebagai berikut.
Bacalah isi pendahuluan modul ini dengan baik, sehingga Anda mengetahui isi modul ini, manfaat  yang  akan Anda peroleh serta bagaimana cara mengkaji isi modul ini; Bacalah modul ini secara keseluruhan secara sepintas; Temukan kata-kata kunci dan kata-kata yang Anda anggap sukar atau baru bagi Anda. Carilah arti kata-kata tersebut dalam kamus; Baca isi modul ini dengan cermat bagian perbagian; Upayakan Anda benar-benar memahaminya dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat maupun melalui pemahaman Anda sendiri; Untuk menambah pemahaman Anda, saksikan VCD yang menyertai buku materi pokok dan amati dengan cermat; Jika memungkinkan lakukan observasi perkembangan fisik/motorik anak terhadap anak-anak usia dini yang ada di sekitar anda dan buatlah resumenya; Kerjakan latihan dan tes formatif yang tersedia dengan sungguh-sungguh dan upayakan untuk tidak melihat petunjuk jawaban latihan dan kunci jawaban sebelum Anda selesai mengerjakannya; Manfaatkan kegiatan tutorial dengan menanyakan hal-hal yang belum Anda pahami pada tutor; Akhirnya selamat belajar dan semoga sukses! TIPS 2

READING
Bacalah isi modul secara keseluruhan dengan seksama. Baca secara perlahan dan usahakan untuk memasuki bacaan seperti Anda sedang membaca novel dan nikmati seluruh isi bacaan seolah bacaan tersebut sangat menarik hati Anda.

UNDERLINE
Garis bawahi kata-kata penting atau kata-kata/kalimat yang menarik perhatian Anda, atau yang tidak Anda pahami. Gunakan tinta berwarna atau kertas kecil yang ditempel pada bagian tersebut. Setelah itu, cobalah untuk langsung mencari tahu arti kata-kata/kalimat tersebut dari sumber lain. Misalnya buku, kamus, atau narasumber yang Anda anggap mengetahui arti kata tersebut.

NOTE TAKING
Buatlah catatan  pada bagian-bagian yang Anda anggap perlu mendapat perhatian Anda atau penjelasan dari sumber lain yang Anda dapatkan dari pencarian Anda. Tuliskan saja dalam modul tersebut atau Anda dapat menggunakan kertas lain yang ditempelkan atau diselipkan dalam halaman yang Anda anggap perlu diberi penjelasan tambahan.

SUMARY
Setiap kali selesai membaca satu modul atau satu kegiatan belajar, cobalah untuk membuat rangkuman dengan kata-kata Anda sendiri yang bisa Anda pahami dan memuat pokok-pokok isi modul/kegiatan belajar yang baru saja Anda baca. Janganlah Anda membuat catatan yang Anda sendiri tidak bisa memahaminya. Apabila Anda lebih bergaya visual, rangkuman ini dapat Anda buat berupa bagan atau gambar-gambar yang Anda pahami.

UNDERSTANDING
Cobalah untuk memahami materi yang Anda baca dengan cara mengaitkannya dengan pengalaman Anda sehari-hari. Apabila Anda seorang guru, cobalah kaitkan materi dalam modul tersebut dengan apengalaman Anda saat mengajar di dalam kelas sehingga pemahaman yang Anda dapatkan benar-benar mendasar dan melekat erat dalam pikiran Anda.

MEANING
Pahami keseluruhan isi modul dengan mengaitkan materi dalam modul-modul yang bisa dikaitkan. Pemaknaan ini dapat pula Anda lakukan dengan mencoba membuat pertanyaan dengan jawaban materi yang telah Anda pelajari. Setelah itu berlatihlah menjawab pertanyaan tersebut tanpa perlu membaca modul kembali. Namun apabila Anda tidak atau belum dapat menjawabnya maka segeralah Anda cari kembali dalam modul. Jangan amenundanya karena dengan menundanya berarti kesempatan Anda untuk mengingat materi tersebut juga akan tertunda.

Link sumber : 
http://www.facebook.com/groups/169169553106085/doc/?id=244931418863231

Tidak ada komentar:

Posting Komentar